Dua Hal Penting dalam Membentuk Pribadi Anak yang Sholeh

anak-sholeh

Salah satu tanggungjawab besar dan juga berat bagi orang tua adalah membentuk anak-anaknya sehingga memiliki kepribadian yang sholeh. Bagaimanapun, memiliki anak yang soleh tentu merupakan sebuah dambaan setiap orang tua, dan akan aneh rasanya bilamana ada orang tua yang tidak memiliki keinginan itu. Dan untuk membentuk pribadi anak yang soleh tersebut, setidaknya ada dua hal penting yang harus menjadi perhatian utama bagi para orang tua sehingga tujuan itu dapat tercapai.

1) Hal pertama, adalah opini atau persepsi orang tua – Opini atau persepsi orang tua akan anak yang sholeh tersebut harus benar-benar sesuai dengan kehendak Islam berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda, yang artinya :

“Jika wafat anak cucu Adam, maka terputuslah amalan-amalannya kecuali tiga: Sadaqah jariah atau ilmu yang bermanfaat atau anak yang sholeh yang selalu mendoakannya.” (HR.Muslim)

Dalam hadits ini dijelaskan tentang keuntungan memiliki anak yang sholeh yaitu, amalan-amalan mereka senantiasa berkorelasi dengan kedua orang tuanya walaupun sang orang tua telah wafat. Jika sang anak melakukan kebaikan atau mendoakan orang tuanya maka amal dari kebaikannya juga merupakan amal orang tuanya dan doanya akan segera terkabul oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala. Dan sesuatu yang mustahil ada anak yang bisa mendoakan orang tuanya jika anak tersebut jauh dari perintah-perintah Allah Swt dan senang bermaksiat kepadaNya.

Jadi jelaslah bagi kita akan gambaran anak yang sholeh yaitu anak yang taat kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala, menjauhi larangan-laranganNya, selalu mendoakan orang tuanya dan selalu melaksanakan kebaikan-kebaikan.

2) Hal kedua, adalah menciptakan lingkungan yang kondusif ke arah tercipta-nya anak yang sholeh – Lingkungan merupakan tempat di mana manusia melaksanakan aktifitas-aktifitasnya. Adapun pengaruh lingkungan ini dapat dibagi kedalam tiga bagian, yaitu:
Lingkungan keluarga – Jika anak dalam keluarga senantiasa terdidik dalam warna keIslaman, maka kepribadiannya akan terbentuk dengan warna keIslaman tersebut. Namun sebaliknya jika anak tumbuh dalam suasana yang jauh dari nilai-nilai keIslaman, maka jelas kelak dia akan tumbuh menjadi anak yang tidak bermoral.
Lingkungan Sekolah – Sekolah merupakan salah satu sarana yang cukup efektif dalam membentuk watak dan karakter anak. Di sekolah anak-anak akan saling mempengaruhi sesuai dengan watak dan karakter yang diperolehnya dalam keluarga mereka masing-masing. Anak yang terdidik secara baik di rumah tentu akan memberi pengaruh yang positif terhadap teman-temanya. Sebaliknya anak yang di rumahnya kurang mendapat pendidikan yang baik tentu akan memberi pengaruh yang negatif menurut karakter dan watak sang anak.
Lingkungan Masyarakat – Anak yang telah di didik secara baik oleh orang tuanya untuk selalu taat dan patuh pada perintah Allah Subhannahu wa Ta’ala dan RasulNya, dapat saja tercemari oleh limbah kemaksiatan yang merajalela disekitarnya. Oleh karena itu untuk dapat mempertahankan kwalitas yang telah terdidik secara baik dalam institusi keluarga dan sekolah, maka kita perlu bersama-sama menciptakan lingkungan masyarakat yang baik, yang kondusif bagi anak.

Demikianlah sedikit uraian tentang Dua Hal Penting untuk Membentuk Pribadi Anak yang Soleh. Dan untuk membaca uraian lengkap mengenai hal ini, silahkan anda download dan baca ebooknya : “Membentuk Pribadi Anak yang Sholeh”. Semoga bermanfaat.

www.orangtua.org



NB :
- Anda Ingin Berdonasi, Silahkan Hubungi Sekretariat Kami di 021 – 700 955 06
- Mau Dapat Info Terbaru Kami Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Incoming search terms:

  • pribadi anak sholeh
  • pembentukan karakter anak sholeh
  • Pribadi yang sholeh
  • membentuk pribadi yang sholeh
  • membentuk anak sholeh
  • menjadi pribadi sholeh
  • Menjadi pribadi yang sholeh
  • pribadi anak shaleh
  • ###############################
  • cara membentuk kepribadian yang sholeh

Other Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>