Orang Tua Nyasar, Bayar dan Sadar

orang tua

Anda memiliki tiga pilihan rencana dalam hidup ini. Pilihan pertama adalah hidup sebagai orang tua nyasar, pilihan ke dua adalah hidup Orang Tua bayar, dan pilihan ketiga adalah hidup Orang Tua sadar.
Orang Tua nyasar mendeskripsikan kehidupan orang tua yang tidak pernah dirasakan kehadirannya oleh anak yang telah dilahirkannya. Ciri sederhana hidup nyasar adalah tidak mengetahui perkembangan anak, bahkan anaknya kelas berapa, gurunya siapa, permasalahan anak apa juga tidak diketahuinya. Orang tua nyasar jarang berkomunikasi dengan anak. Anak tidak merasakan kesan mendalam kehadiran orang tua.

Orang Tua bayar, mendiskripsikan kehidupan Orang tua yang merasa sudah cukup dengan mengeluarkan dana bagi anaknya. Menyekolahkan sang anak disekolah mahal, materi tercukupi dan cukup complain kepada sekolah ketika keberadaan anak kurang memuaskan. Baginya uang adalah ukuran tanggung jawab. Sekolah bagaikan bengkel, anak nakal urusan guru dan sekolah. Ketika dimintai pertanggungjawaban atas kenakalan anak, dengan enteng dia menjawab “ itu urusan para guru dan ustadz, ngapain saya bayar mahal kalau anak saya tidak bisa berubah”

Orang Tua sadar, mendiskripsikan bahwa orang tua yang benar-benar tahu dan sadar bahwa Anak adalah amanah yang akan menjadi investasi dunia dan kebahagiaan diakherat. Orang tua tipe sadar mengetahui benar bagaimana perkembangan buah hati, siapa gurunya, perkembangan emosinya, hobi anaknya, sampai pada permasalahan anakpun dia menyadari.

Guru adalah mitra baginya. Orang tua sadar adalah orang tua yang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosi anak dengan mampu mendengar keluhan anak, cerita anak dan celotehan anak.

TIPS MENJADI ORANG TUA SADAR

8 Langkah cerdas menjadi Orang Tua sadar yang berpengaruh
1. Tangkap Basah kebaikan anak Anda . Tempa besi selagi panas.
Berdasarkan pengamatan kami, hari ini lebih banyak orang tua yang lebih suka menangkap basah kekurangan dan kelemahan anak, sehingga anak menjadi semakin jauh, kurang nyaman dan akhirnya merasa tidak terhargai. Tangkap basah kebaikan sebenarnya mudah, katakana saja hal baik yang dia lakukan, ungkapkan rasa senang Anda dan tutuplah dengan ucapan terimakasih. Contoh : “ Nah gitu dong, baru anak Ayah, mau sarapan pagi dan pakai sepatu sendiri. Ayah senang melihat kamu sudah mulai dewasa, terimakasih saying insyaallah kamu akan jadi orang hebat.
2. Mulai dengan kata positip, sikap positip dan berita bahagia menyenangkan.
3. Hapuskan kata mengeluh, menunda, malas, menyalahkan dan banyak alasan dalam diri Anda baik dihadapan anak maupun ketika sendirian.
4. Hindari perbandingan yang tidak adil.
5. Sebut namanya, berikan kesan anak Anda adalah orang penting.
6. Buktikan apa yang telah Anda katakan adalah bagian dari apa yang Anda lakukan. Minimalnya sedang dalam proses melakukan
7. Kalaupun Anda harus marah, maka marahlah yang membangun dan berdampak positif.
8. Hargai hasil karyanya, akui dan rayakanlah

Penulis : Aris Ahmad Jaya

sumber : www.sugestipower.com

 



NB :
- Anda Ingin Berdonasi, Silahkan Hubungi Sekretariat Kami di 021 – 700 955 06
- Mau Dapat Info Terbaru Kami Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Incoming search terms:

  • kajian anak nombor dua
  • mbentuk anak soleh
  • taman suka sadar

Other Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>